ASI di Tahun Kedua, Tetap yang Terbaik

Ternyata masih banyak ibu yang meragukan kehebatan ASInya setelah usia sang bayi > 1 tahun. Sekalipun di kalangan ibu-ibu well-educated banyak loh yang percaya dengan mitos bahwa ASI setelah 1 tahun sudah jelek.  Belum lagi gempuran dari iklan susu formula yang begitu gencar. Ada susu A 1+, ada susu B 1,2,3 dan sebagainya yang diperuntukkan untuk anak-anak di atas usia 1 tahun.

Lihat saja betapa pintar  dan lucunya si 1 tahun yang ditampilkan dalam iklan produk-produk  susu tersebut, membuat para ibu tidak percaya diri dengan ASI-nya dan memilih beralih atau menambah-nya dengan susu formula.

Di tahun kedua walaupun sudah tidak menjadi makanan utama bagi bayi, ASI tetaplah yang terbaik di antara seribu satu macam susu formula. Tidak percaya?? , coba simak artikel keren di bawah ini dari hanyawanita.com :

Manfaat Besar ASI di Tahun Kedua

Anda sukses menyusui eksklusif untuk buah hati selama enam bulan dan meneruskannya hingga si kecil berusia satu tahun. Setelah itu Anda merasa cukup dan akan menyapihnya alias menggantikan ASI dengan susu formula. Sebaiknya tunda dulu keinginan ini karena pemberian ASI di tahun kedua kehidupan bayi memberi manfaat ekstra.

Saat menginjak tahun kedua, kemampuan bayi berkembang, seperti merangkak atau belajar berjalan dan memasukkan segala sesuatu ke mulutnya. Akibatnya, bayi akan mudah mengalami infeksi penyakit. Makanya, disarankan ibu tetap menyusui bayi setelah ulang tahunnya yang pertama untuk mempertahankan kekebalan tubuhnya terhadap serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

UNICEF merekomendasikan selain pemberian makanan bergizi seimbang dan imunisasi, bayi usia 12-24 bulan disusui sesering mungkin. Tentu ada alasan kuat kenapa para ibu diimbau untuk menyusui bayinya memasuki tahun kedua. Berikut manfaatnya:

1. ASI di tahun kedua kandungan faktor imunitasnya meningkat

Penelitian menyebutkan zat antibodi tersedia dalam jumlah besar pada ASI selama masa menyusui. Tapi ternyata sebagian faktor kekebalan dalam ASI konsentrasinya meningkat selama tahun kedua dan selama proses penyapihan (weaning).

2. Pemberian ASI setelah bayi 6 bulan cegah risiko alergi dan asma

Salah satu cara terbaik mencegah alergi dan asma adalah menyusui eksklusif selama enam bulan dan meneruskannya hingga si kecil berusia 2 tahun. Memperpanjang pemberian ASI berarti menunda selama mungkin bayi bersinggungan dengan zat penyebab alergi. ASI sendiri membantu mempercepat pematangan lapisan pelindung dalam usus bayi, melapisi usus bayi dan menghalangi masuknya molekul penyebab alergi ke dalam darah bayi serta memberi perlindungan antiradang sehingga menekan risiko infeksi pemicu alergi

3. ASI perkecil risiko sakit anak usia 16-30 bulan

American Academy of Family Physicians melihat anak-anak yang disapih sebelum usia dua tahun meningkat risikonya (AAFP 2001). Penelitian lain menyebutkan anak usia 16-30 bulan yang disusui lebih jarang sakit, kalaupun sakit maka sakitnya lebih singkat dibanding anak sebaya yang tidak disusui

4. ASI dibutuhkan anak yang sakit

UNICEF merekomendasikan anak di bawah tiga tahun yang sakit agar diberi ASI, karena ASI merupakan makanan bergizi yang paling mudah dicerna saat si kecil kehilangan nafsu makan

5. ASI di tahun kedua lebih kaya nutrisi

Penelitian dr. Dror Mandel, dkk, menyatakan ASI dari ibu yang menyusui lebih dari satu tahun kandungan lemak dan energinya meningkat dibanding ASI dari ibu yang menyusui lebih singkat

6. ASI di tahun kedua sumber lemak dan vitamin A tak tergantikan

Berdasar penelitian Adelheid W. Onyango dkk menyimpulkan ASI merupakan sumber lemak dan vitamin A yang tak tergantikan oleh makanan sapihan apapun

Nah, makin mantap kan memberi ASI hingga buah hati berusia 2 tahun?

Dan biar lebih mantap lagi, ini kusertakan kandungan ASI ditahun kedua yang dikutip dari  tulisan Mbak Luluk di blog pribadinya. Pada tahun kedua (12-23 bulan) setiap 448 ml ASI memenuhi kebutuhan anak :

  • 29% dari kebutuhan energinya
  • 43% dari kebutuhan proteinnya
  • 36% dari kebutuhan kalsiumnya
  • 75% dari kebutuhan vitamin A
  • 76% dari kebutuhan folatnya
  • 94% dari kebutuhan vitamin B-12
  • 60% dari kebutuhan vitamin C

So…,

Keep Breastfeeding

Keep Pumping

Keep Expressing

About these ads

29 responses

  1. Waduhh…hidup ASI!! nice articel..

    Saya merasa semakin mantap dengan ASI saya..karena dengan rasa percaya diri, maka ASI yang dihasilkan juga Insya Allah juga akan bagus..Say no to sus formula..yes!!

  2. Subhanallah, buat yang ingin melancarkan ASI, ana punya Sari Kurma hanya Rp 50.000,-. Terbukti!! bisa hub ana di : 081322420573. Ana di bandung. Kak Utie, ini ani 99 st3 mksr.

  3. subhanallha..aku semakin mantap memberi ASI untuk si kecil yang sudah berusia 18 bulan.sebelumnya aku merasa kurang dg kandungan ASI sampe2 ku paksa si kecil untuk suka susu formula. soalnya produksi ASI semakin sedikit.kenapa ya?

  4. thanks bt infonya…dengan baca artikel ini aku jd lebih percaya diri buat kasih ASI sampai anakku 2 tahun lebih soalnya anakku sampe sekarang (2 tahun) belum mau minum susu formula.

  5. thanks banget yah buat artikelnya… ini membuat penguatan bagi diri saya utk terus memberikan ASI utk anak saya…

  6. Pingback: ASI di Tahun Kedua, Tetap yang Terbaik | Mamacantiq's Blog

  7. saya juga lagi nyari-nyari artikel tentng asi dan susu formula. Saya pengin banget anak saya hanya saya kasih asi tanpa susu formula. Tapi saya keja dari pagi sampai sore dan asi ga dapat diperas. Pernah coba diperas, tapi dapatnya hanya sedikit dan sesudahnya malah bengkak. Akhirnya dari usia 2 bulan sampai 1 tahun kalo siang saya tinggali susu formula. Cuma setelah masuk 1 tahun, karena juga sudah mau makan nasi, sayur, dan lauk, akhirnya susu formula saya hentikan, saya ganti minum madu dicampur air. Tidak ada masalah keuangan. Cuma setelah baca artikel tentang asi dan susu formula, jadinya saya pilih begitu (menghetikan sufor)setelah usia anak 1 tahun. Sekarang saya masih memberinya asi tapi hanya sore sampai malam hari. Siang tidak ada susu formula tidak ada asi. anak hanya makan minum seperti orang dewasa, nasi sayur lauk air putih/air madu. Kira-kira tindakan saya salah tidak?

  8. Alhamdulillah bgt pas sy nyari info di google sy dpt artikel ini. Bnr2 brmnfaat buat sy. Tdnya sy g pd menyusui sampai 2 thn krna merasa produksi ASI berkurang. Tp stlh bc artikel ini alhamdulillah sy lebih bersemangat untuk menyusui sampai anak sy berusia 2thn. Terimakasih bnyk Mbak, artikel ini bnr2 mmberi bnyk manfaat..

  9. Pingback: ASI Tanggung Jawab Ayah? « .:: si /-|ebat ::.

  10. kerreeennn :)) semangat sebarkan cinta ASI.. Gabung di Eats On Feets-Indonesia FB page yahh :)) Komunitas Donor ASI Global.. Tq

  11. Allhamdulillah saya akan trs memberi asi smp 2 th walau byk yg bilang ankku ga akan bs gemuk kalo ga dtambah formula,yg pnting alya (1th) slalu sehat.

  12. makasih bgt ya artikelnya bagus bgt!
    aq jadi makin pede ngasih asi sampe anakq umur 30 bln. biar dia kurus,tp dia pinter,aq bangga bs ngasih asi……:)

  13. bagus sekali articlenya.saya jd urung menyapih anak. krn anak saya 1,5thn akhir2 ini sering rewel dan susah makan krn maunya minum asi terus..jd kenyang dan malas makan..sudah saya jadwalkan antara makan dan minum asi tapi susah sekali dan banyak yg bilang kl disapih bikin anak mau makan, tp melihat article tersebut jd berpikir ulang. apa benar ya bu kl dah >1thn tu minum asinya dijadwal?

  14. bagus sekali artikelnya
    bikin sy jd semangat memberi asi terus kpd baby sy yg bru berusia 5bln.Rencananya klo dy sdh mendptkn MP-ASI sy beri sufor,tp stlh sy bc artikel ini jd ragu utk memberikan sufor kpd baby sy.

  15. aku ingin sekali memberi asi utk bayiku sampe 2 tahun, bayiku skrg usia 7 bulan, tapi kenapa koq sekarang asiku sedikit ya, padahal makan sayur katuk 3 x sehari, vitamin asi juga sama, tp koq sedikit ya,, aku kerja jadi pas perah asi jam 5 sore,, tp itupun cuma hasilnya 100 ml utk 2 payudara,, biasanya sampe 250 ml 2 pd itu,, kenapa ya??

  16. trims banyak, artikel ini sangat b’manfaat, skrg anak sy 16 bulan & mmg menolak sufor alias masih kenceng ASI nya, mmg alerginya berkurang banyak prosentasenya, lincah, jarang sakit, kalo pun sakit cepat sembuhnya. Dlm Qur’an pun kita wajib menyusui anak sampai usia 2 thn khan? Jd jgn kita mengurangi hak anak2 kita, ASI investasi terbaik untuk masa depan anak2 kita, no doubt!

  17. Bersyukur bgt bisa memberi ASI hingga anakku hampir 1 thn. Bnyk yg menyarankan utk combine dgn sufor tp aku pikir bila msh ada yg asli alami mengapa beli yg buatan manusia? So…selama msh keluar, akan tetap kususui anakku hingga umur 2 thn. ASI, hadiah terindah untuk anakku :-)

  18. Alhamdulillah sy ibu 4 anak semua rata2 diberi ASI smpe 2th,,,,subhanalloh ASI mmg sangat sempurna ada dlm al quran bahasannya diperkuat survei dr UNICEF dan hsl penelitian pr peneliti hebat,,,Ayo beri ASI semaksimal mungkin jgn minder demi kesehatan anak dan kita sdr loh!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s