Empat kisah di hari Sabtu

Sabtu pekan kemarin lebih banyak aku habiskan di rumah. Alhamdulillah banyak sekali hikmah yang kudapatkan. Mungkin ada rasa syukurku yang sudah terkikis, sehingga ALLOH menghadirkan 4 (empat) kisah ini secara beruntun untukku.

Kisah I

Pagi-pagi, Pok Ami, asisten part time-ku di rumah mengabarkan kalau tetangganya Mama Ririn (begitu orang2 memanggilnya) makin parah saja sakitnya. Sudah hampir seminggu ini Mama Ririn hanya bisa terbaring di tempat tidur.  Sakit yang teramat sangat akibat Kanker Payudara menyebabkan dirinya sering terpaksa BAK di tempat tidur sehingga bau tak sedap memenuhi kamarnya itu. Hanya Ririn, anaknya yang berusia 14 tahun, yang membantu mengurusi dirinya sedangkan Suaminya yang bekerja sebagai Satpam hanya menemaninya di hari Sabtu dan Minggu. Katanya benjolan pada PDnya  itu sudah ‘pecah’, aku sendiri tidak berani melihatnya. Saat menengok Mama Ririn kuperhatikan bajunya basah dan terlihat bercak2 darah.

Kisah II

Beginilah nasib ibu bekerja, seringnya ketinggalan berita seputar tetangga. Aku baru tahu kalau Mbak Arni, mantan PRT tetanggaku, yang kini mengontrak tak jauh rumahku baru saja mendapatkan ujian berat.  Putra pertamanya yang  dilahirkan di hari Selasa kemarin hanya bertahan hidup selama 11 jam. Tidak diketahui pasti penyebab meninggalnya sang bayi, kehamilan Mbak Arni tergolong sehat-sehat saja.  Mbak Arni setiap bulan memeriksakan kehamilannya di klinik Bidan dekat rumah dan dikarenakan usia kehamilannya sudah melewati 40 minggu, Mbak Arni direkomendasikan untuk bersalin di sebuah klinik di Kramat Jati. Dari alur cerita Mbak Arni dapat kusimpulkan bahwa penanganan klinik bersalinnya sangat mengecewakan.

Kisah III

Di siang hari, kami dikejutkan dengan kedatangan Pak Yanto, tukang bangunan langganan kami yang kami kenal jujur dan bertanggung jawab. Tidak biasanya dia datang tanpa permintaan kami. Pak Yanto menuturkan kalau dia baru saja bertengkar dengan istrinya, karna pusing mendengar omelan sang istri Pak Yanto memutuskan “kabur” dari Rumah.  Istri Pak Yanto menuntut Pak Yanto mengusahakan sejumlah uang untuk membayar uang ujian anaknya di MTS Negeri di Depok. Pak Yanto jelas saja bingung, sudah beberapa minggu ini dia tidak menerima panggilan kerja (bangunan). Pekerjaan lainpun mau dilakoninya asalkan halal. Pak Yanto menanyakan pada suamiku, adakah lowongan cleaning service untuknya?

Kisah IV

Selepas maghrib, Suamiku menerima SMS dari Mas Dedi si tukang bengkel motor langganannya.  Mas Dedi bertanya pada suamiku, adakah yang mau meminjamkannya sejumlah uang (cukup besar menurutku). Semula kami mengira uang itu untuk modal usahanya karena Mas Dedi pernah menanyakan cara mendapatkan modal usaha, tapi ternyata uang tersebut akan digunakan untuk mengantarkan istrinya ke Kampung. Pasangan muda itu dikarunia ALLOH calon bayi yang kini berusia 4 bulan. Sempitnya kontrakan mereka yang berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus bengkel itu menjadi tidak nyaman bagi istrinya.

Sungguh…, kisah Mama Ririn, Mbak Arni, Pak Yanto dan Mas Dedi semakin menyadarkanku betapa besarnya nikmat kesehatan, keluarga, pekerjaan, penghasilan, tempat tinggal dan nikmat-nikmat lainnya yang diberikan-Nya untukku.

Dan karna itu kutuliskan kisah-kisah itu disini, agar aku selalu Bersyukur…, Bersyukur…, dan Bersyukur.

4 responses

  1. mbak saya Favian (assisten Elka angkatan 2005).
    Salam kenal…
    alamat sampeyan dah aq tambahin di blogrollku.
    alamat ditambahin ke blogroll sampeyan ya…

  2. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, Mama Ririn yang kuceritakan di Kisah I telah berpulang kepada ALLOH pada hari Sabtu kemarin tanggal 14 Februari 2009. Semoga ALLOH mengampuni dosa-dosanya dan menerima amal ibadahnya. Aamiin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s