Tips : Langsing Sekejap Pasca Melahirkan

Risau. Itu yang dirasakan seorang teman, sebut saja Mbak A,  saat berat badannya tidak kunjung langsing kembali meski bayinya sudah berusia 6 bulan. Kumpulan lemak seberat 10 kg itu  masih saja betah di badannya. Yang patut diancungi jempol adalah tekad Mbak A untuk tidak akan melakukan diet, demi menyusui sang buah hati.  Subhanallah…,

Di akhir kehamilannya, berat badan  Mbak A mengalami kenaikan 21 kg. Jumlah yang tidak sedikit memang. Butuh perjuangan dan kesabaran. Tidak seperti temanku yang lain,  Mbak B, yang hanya mengalami kenaikan 8 kg selama kehamilan, mudah baginya untuk kembali langsing, meski baru berkurang 4 kg, Mbak B sudah terlihat langsing.

Aku sendiri mengalami kenaikan 17 kg selama hamil. Alhamdulillah, seminggu setelah melahirkan berhasil turun 10 kg dan 3 minggu berikutnya turun lagi 3 kg. Yang menyenangkan, menjelang cuti bersalin berakhir lemak peninggalan kehamilanku hanya bersisa 1 kg lagi dan 2 bulan berikutnya, berat badanku kembali ke posisi normal. Alhamdulillah …

Nah…, di postingan ini aku ingin berbagi tips sederhana, murah, tetap ngemil, tanpa diet dan tanpa konsumsi aneka obat pelangsing. Oh ya, sebagai catatan, tips ini hanya berdasarkan pengalaman pribadiku ya dan belum di uji coba di laboratorium manapun.. hehehe.

1. Menyusui

Timbunan lemak yang dihasilkan selama kehamilan memang diperuntukkan sebagai bahan dasar ASI. ASI dibentuk dari cadangan lemak yang disimpan selama kehamilan dan makanan yang dikonsumsi Ibu selama menyusui. Jadi tidak heran, ibu yang tidak menyusui akan kesulitan menurunkan berat badannya. Menyusuilah secara ekslusif sampai usia bayi  6 bulan dan lanjutkan hingga 2 tahun.

Mbak Luluk si pakar ASI menuliskan bahwa saat ibu menyusui bayinya secara eksklusif, ia juga membakar > 600 kalori tubuhnya per hari. Ini sama saja dengan melakukan latihan aerobik selama lebih dari 2 jam. Penelitian yg dipublikasikan di Journal of American Dietician Association menunjukkan bahwa aktivitas menyusui akan mengecilkan pinggul dan paha hingga beberapa inci.

2. Atur Jadwal Makan (Malam)

Jam makan malam bagiku adalah sebelum jam tujuh atau  setengah delapan malam. Setelah itu cukup minum air putih dan makan buah jika lapar. Pagi sampai sore? Makan seperti biasa dan tetap ngemil (utamakan cemilan sehat ya..). Awal-awal terasa berat, tapi mungkin karena diriku sudah puas ngemil di siang hari jadi rasa lapar itu tidak terlalu mengganggu.

3. Perhatikan Pola Makan

Ibu menyusui (Busui) sering mengartikan bahwa selama menyusui harus makan 2 x lebih banyak dari kondisi normal. Sehingga bukannya jadi kurus, badan malah membengkak selama menyusui.  Bawaan lapar setiap kali selesai menyusui sepertinya sudah menjadi default bagi Busui. Jadi kalaupun kepengen ngemil, pilih cemilan yang berkalori rendah, jangan seperti si Mbak A yang doyan ngemil martabak🙂

4. Lakukan ‘Olahraga’ ringan bersama si kecil

Tak perlu buru-buru ikutan senam aerobik. Menggendong bayi sambil menari-nari atau jalan-jalan pagi bersama si kecil juga bisa membakar kalori.  Demikian juga dengan mengurus bayi  sendiri selama masa cuti, insyaALLOH bisa merontokkan lemak-lemak.

5. Banyak Minum Air Putih

Dua diantara banyak manfaat air putih adalah memperlancar sistem pencernaan dan menguruskan badan. Apalagi dalam sehari Busui bisa mengeluarkan 1,5 liter ASI jadi tentu saja cairan yang dikonsumsinya juga harus lebih banyak.

Selamat mencoba….

14 responses

  1. Dear mba… Thanks buat info nya.
    Sy seorang busui bayi 10 bln.bb sy bkn tmbah turun
    Malah tmbah naik smpe 20kg dr bb normal.
    Apa ada yg salah ya dgn metabolisme tubuh sy
    Pdhal smpai saat ini sy aktif menyusui krn anak sy tdk mau mnm sufor.
    Tlg donk mba klo ada informasi lg untuk sy..

  2. Waktu melahirkan anak pertama berat badan sy juga naik drastis, satu tahun kemudian masih belum turun2 jg, tapi setelah sy mulai bekerja di kantor lagi dengan aktifitas yg lumayan padat, akhirnya pelan2 berat bdn sy kembali normal. Mungkin karna sy juga jarang ngemil dan banyak aktifitas sehingga banyak bergerak, jadi lemak2 di badan jd luntur deh🙂

  3. trima kasih masukannya saya akan coba krna sy habis operasi secar jadi sy tidak bisa pakai korset untuk membantu mengecilkan perut tp saya tetap menyusui smoga dng menyusui bisa terbantu mengurangi lemak di tubuh saya..

  4. gimana kok sulit padahal dah susu eksk minum putih tp tetep aja….sebenarnya aku malu ama suami tapi berat badanku tetep aja ndak turun help…..

  5. setuju mbaaakkkk,,,sy ibu dg 4anak dan semua anak disusui rata2 smpe 2thn,,,org2 comment kok tetap awet muda tetap imut dan lansing shg dg anak sy yg sulung yg kls 8 SMP spt adik kakak hehe,,,subhanalloh itulah kejaiban ASI dan mmg sy tdk suka ngemil klo makan ya hrs lengkap dg sayur hehe kok gk enak gitu makan gk dg sayur??? alhamdulillah sy gk ada kendala dg berat bdn pasca melahirkan dan resep sy sama dg mbk!!! semangat terus yaa bagi2 pengalaman u ibu2 lain,,,,SALAM BUSUI!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s